Rabu, 02 Februari 2011

PRILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT

ABSTRAK
GAMBARAN  FAKTOR – FAKTOR  YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT PADA REMAJA  PUTRI  DI MADRASAH ULUMUL QUR’AN YAYASAN DAYAH BUSTANUL ULUM
 KOTA LANGSA TAHUN 2010

 (Xii + 55 Halaman + 5 Tabel+  6 Lampiran)

            Prilaku Hidup Bersih dan Sehat merupakan perilaku yang dipraktekkan oleh peserta didik, guru dan masyarakat di lingkungan sekolah atas dasar kesadaran sebagai hasil pembelajaran, sehingga secara mandiri mampu mencegah penyakit, meningkatkan kesehatannya, serta berperan aktif dalam mewujudkan lingkungan sehat. Indikator perilaku hidup bersih dan sehat adalah suatu alat ukur untuk menilai keadaan atau permasalahan kesehatan di institusi pendidikan.
            Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Gambaran  Faktor – Faktor  Yang Berhubungan Dengan   Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Pada Remaja  Putri  Di Madrasah Ulumul Qur’an Yayasan Dayah Bustanul Ulum Kota Langsa Tahun 2010. Penelitian ini dilakukan secara metode survey dan desain Crosssectional Jenis penelitian ini adalah penelitian Deskriptif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh remaja putri yang berada di Pesantren MUQ (Madrasa Ulumul Quran) Kota Langsa, dengan cara pengambilan sampel proportional stratified sampling dan melalui cara cara acak sederhana (Simple Random Sampling) dengan mengundi (Lottert technique) sehingga didapati jumlah sama dengan menggunakan kuesioner.
Hasil penelitian Pada Remaja  Putri  di Madrasah Ulumul Qur’an didapati dari 89 responden sebanyak 62 orang sisiwa (69,7 %) yang melakukan perilaku hidup bersih dan sehat. Institusi Pendidikan. Sedangkan hubungan perilaku hidup bersih dan sehat di Lingkungan Istitusi terhadap penegetahuan terdapat kecendrungan hubungan dengan mayoritas 81 % ada melakukan perilaku hidup bersih dan sehat dengan pengetahuan baik. hubungan perilaku hidup bersih dan sehat di lingkungan institusi terhadap lingkungan terdapat kecendrungan hubungan dengan mayoritas 83,9 % ada melakukan perilaku hidup bersih dan sehat dengan lingkungan yang berperan. Hubungan perilaku hidup bersih dan sehat di Lingkungan institusi terhadap motivasi terdapat kecendrungan hubungan dengan mayoritas 89,6 % ada melakukan perilaku hidup bersih dan sehat dengan motivasi positif.
Upaya penyuluhan yang rutin tentang perilaku hidup bersih dan sehat diperlukan terhadap remaja putri di MUQ untuk dapat meningkatkan upaya Promosi Kesehatan berkaitan dengan perubahan perilaku masyarakat dalam pencegahan penyakit di wilayah Kerja Puskesmas langsaTimur. Kepada Dewan guru diharapkan untuk dapat membina dan membuat program tentang perilaku hidup bersih dan sehat agar tercipta lingkungan sekolah yang sehat.

1 komentar:

  1. Jika anda ingin tahu lebih jelas tentang artikel diatas, silahkan hubungi ke no HP saya : 081376486459

    BalasHapus